Biro Infokom HMJ Biologi FMIPA UNP '56 2015-2016
.

Pachyrhizus erosus |Tentang Bengkuang dan Manfaatnya

 

 

      Mendengar kata bengkuang tentu sudah tidak asing lagi di telinga  kita, apalagi bagi masyarakat kota Padang. Tentu dari kita pernah memakan buah yang satu ini kaaannn? eitssss tunggu dulu, sebenarnya parah ahli bersepakat menggolongkan  tanaman berumbi ini ke dalam sayuran loooh. 

     Teman-teman tau gk sih, kalau bengkuang berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan, terutama di daerah Meksiko. Suku Aztec menggunakan biji tanaman bengkuang ini sebagai obat-obatan. Kemudian pada abad ke-17, Spanyol menyebarkan tanaman ini ke daerah Filipina sampai akhirnya menyebar ke seluruh Asia dan Pasifik.Tanaman ini masuk ke Indonesia dari Manila melalui Ambon,dan sejak saat itulah bengkuang dibudidayakan di seluruh negeri. Bengkuang sekarang lebih banyak dibudidayakan di daerah Jawa dan Madura atau di dataran rendah.  

      Bengkuang ini adalah salah satu umbi yang di dalamnya terdapat banyak air, dalam 100 g umbi bengkuang di dalamnya terdapat 85,1 g air. Banyaknya air di dalam bengkuang ini mengakibatkan kalori di dalam bengkuang menjadi sangat kecil karena hanya memiliki sedikit padatan.Tau gk sih, pada bengkuang yang memiliki massa 100 g di dalamnya hanya menyumbang kalori 55 kcal.

       Walaupun tidak memberikan sumbangan energi, peran air dalam makanan tidak bisa di sepelekan. air adalah komponen penting yang menyusun tubuh. sekitar 75 % tubuh manusia terdiri dari air, sehingga keberadaannya sangat berarti untuk keberlangsungan metabolisme dan fisiologi tubuh. air dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang, oelh karena itu setelah memakan bengkuang tubuh kita akan terasa lebih segar . 

Morfologi bengkuang 

       Bengkuang merupakan tanaman tahunan yang dapat mencapai panjang 4-5 m, sedangkan akarnya dapat mencapai 2 m. Batangnya menjalar dan membelit, dengan rambut-rambut halus yang mengarah ke bawah. Daun majemuk menyirip beranak daun 3; bertangkai 8,5–16 cm, anak daun bundar telur melebar, dengan ujung runcing danbergigi besar, berambut di kedua belah sisinya, anak daun ujung paling besar, bentuk belah ketupat, 7–21 x 6–20 cm. Bunga berkumpul dalam tandan di ujung atau di ketiak daun, sendiri atau berkelompok 2–4 tandan, panjang hingga 60 cm, berambut cokelat. Tabung kelopak bentuk lonceng, kecokelatan, panjang sekitar 0,5 cm, bertaju hingga 0,5 cm. Mahkota putih ungu kebiru-biruan, gundul, panjang lingkar 2 cm. Tangkai sari pipih, dengan ujung sedikit menggulung; kepala putik bentuk bola, di bawah ujung tangkai putik, tangkai putik di bawah kepala putik berjanggut. Buah polong bentuk garis, pipih, panjang 8–13 cm, berambut, berbiji 4–9 butir.

Teman-teman semua tau nggak sih apa saja manfaat dari bengkuang?

 

  1. Baik untuk penderita hiperglikemia
          Bengkuang ini baik untuk di konsumsi penderita hiperglikemia. Dalam bengkuang terdapat air yang cukup besar, menyantap bengkuang akan memberikan perasaan kenyang, tetapi tidak memberikan sumbangan kalori dan tidak berpotensi untuk meningkatkan indeks glikemik. Adanya air dalam bengkuang baik untuk mempercepat proses pencernaan makanan. Pencernaan yang lancar akan mengurangi penyerapan gula yang harus di hindari oleh penderita hiperglikemia.
  1. Melancarkan proses pencernaan

  Karbohidrat yang terdapat di dalam bengkuang tergolong rendah. Karbohidrat yang menyusunnya terdiri dari monosakarida, polisakarida, dan oligosakarida. Oligosakarida yang menjadi penyusunnya adalah inulin. Inulin ini sangat berguna bagi kesehatan flora yang hidup di dalam usus seperti Lactobacillus sp. Jika kehidupan flora di dalam tubuh berlangsung dengan baik, maka proses pencernaan kita pun berjalan lancar.


  1.   Melancarkan BAB

    Karbohidrat lain yang tak kalah pentingnya adalah serat. Serat tidak “menyumbang” kalori tetapi berfungsi penting dalam pencernaan. Bengkuang memiliki serat yang tinggi, terutama serat larut dalam air yang berguna untuk memperlancar BAB. Bagi penderita wasir, BAB yang lancar akan mengurangi rasa sakit yang mereka alami saat BAB. Serat akan meningkatkan volume tinja dan melunakkannya sehingga tidak menimbulkan rasa sakit saat BAB.


4         4.  Menjaga kadar gula darah

Bagi teman-teman yang memiliki kadar gula darah tinggi cobalah memakan bengkuang secara rutin. Bengkuang bersifat sebagai diuretik (peluruh) dan laksatif (pencahar). Kedua peran ini berguna untuk mempercepat pembuangan sisa makanan yang tidak terserap oleh tubuh. Jika sulit BAB makan bengkuang dapat mengatasi keluhan ini, dengan BAB yang lancar, waktu transit makanan yang ada di dalam tubuh semakin pendek, sehingga tubuh tidak berlebihan menyerap gula yang akhirnya meningkatkan kadar gula dalam darah.



5         5.  Kaya vitamin C

Walaupun tidak berasa masam, bengkuang memiliki vitamin c yang tinggi. Dalam 100 g bengkuang terdapat vit C sebanyak 20 mg. Jumlah tersebut dapat memenuhi 1/3 dari vit c harian yang di butuhkan individu dewasa pada kondisi sehat. Vit C yang cukup akan menghindarkan dari gusi berdarah dan sariawan.



6         6.  Kaya isoflavon

Apa itu isoflavon? Isoflavon adalah senyawa yangberguna sebagai antioksidan dan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).  Isoflavon di dalam bengkuang cukup banyak.



7        7.   Mengatasi eksem

                    Bengkuang ini dapat digunakan untuk obat luar. Sebagai obat luar bengkuang
           biasa di gunakan untuk menyembuhkan eksem dan menghaluskan kulit bersisik.
           Caranya, parut bengkuang dan biarkan hingga patinya mengendap. Gunakan pati
           tersebut sebagai obat oles untuk kulit bermasalah.

 
Namun bengkuang juga memiliki efek negatif

1.    Mengakibatkan diare dan sering buang air kecil

Dengan efek diuretik dan laksatif yang tinggi, terlalu banyak mengkonsumsi bengkuang akan mengakibatkan diare dan sering buang air kecil. Jika terlalu sering terjadi, sebagian gizi yang berasal dari makanan lain tidak dapat di manfaatkan secara optimal. Kenapa? Zat gizi tersebut telah tersekresi alias terbuang sebelum diserap oleh usus secara normal.


2.    Memperparah gagal ginjal

Bagi penderita gagal ginjal, sebaiknya jangAn terlalu banyak mengkonsumsi bengkuang karena kadar airnya sanagt tinggi sehingga akan memperparah kondisi fungsi ginjal yang tidak lagi mampu bekerja secara optimal.



     Bukan berarti kita tidak boleh makan bengkuang, sebaiknya kita memakannya secukupnya saja tidak berlebihan. Bukankah Rasulullah mengajarkan kita bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, makan dan minumlah secukupnya saja.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar