Biro Infokom HMJ Biologi FMIPA UNP '56 2015-2016

Orcinus orca | Fakta Fakta Menarik tentang Paus Pembunuh

Orcinus orca (Paus Pembunu)
Paus Pembunuh atau Orca (Orcinus orca) adalah spesies terbesar dari keluarga lumba-lumba. Sebenarnya orca tergolong sebagai lumba-lumba. Namun, karena orca berukuran sangat besar, banyak yang menyebutnya sebagai paus. Spesies ini ditemukan di seluruh samudera, dari kawasan dingin seperti Artik dan Antarktika hingga kawasan bersuhu hangat. Paus pembunuh merupakan predator puncak di lautan, kebanyakan populasi memakan ikan, sementara populasi lainnya memakan mamalia laut seperti singa laut, anjing laut, walrus hingga paus besar. bahkan pada 04 Oktober 1997 di lepas pantai California Amerika Serikat pun, sekelompok pengamat paus yang sedang bepergian di Pulau Farallon telah merekam sebuah kejadian unik tentang paus pembunuh yang menyerang hiu putih dewasa dan kemudian memakan hiu tersebut. Pernyataan yang mengatakan bahwa Hiu merupakan predator yang mengendalikan rantai makanan teratas di laut pun dipatahkan karena peristiwa itu. Paus pembunuh hidup secara berkelompok, mereka juga sering berburu bersama. IUCN menetapkan status konservasi paus pembunuh adalah tidak diketahui, karena beberapa paus pembunuh berbeda jenis. Beberapa populasi lokal sudah terancam karena kehilangan habitat, pengaruh polusi, dan ditangkap untuk taman mamalia laut, serta terkadang konflik dengan nelayan.
Pertumbuhan Orca dapat tumbuh dengan panjang mencapai 10 m. Sehingga mereka dapat memakan hiu putih dengan mudah. Kehidupan

Orca biasanya memakan ikan, anjing laut, hiu putih, dan hewan laut lainnya yang biasanya mencari makanan secara bersama-sama yang dalam satu kelompok dapat terdiri dari 100 ekor. Orca dapat berenang dengan kecepatan 55 km/jam

Orca memiliki hubungan sosial yang sama dengan lumba-lumba. Hubungan sosial orca hampir mirip dengan manusia, mereka dapat mengajarkan anak-anaknya berburu atau mencari sumber makanan lain bila sumber makanannya menipis, misalnya bila jumlah ikan menurun mereka akan mencoba mencari sumber makanan baru seperti hiu putih dan mereka akan mencoba cara untuk menaklukannya bila berhasil caranya akan diajarkan untuk anak-anaknya. Hubungan dengan manusia

Orca adalah hewan yang bersahabat dengan manusia, mereka sama dengan lumba-lumba dan sering dipakai untuk pertunjukan. Orca tak pernah tercatat menyerang manusia, namun terkadang mereka tercatat menyerang kapal yang disebabkan mereka mengira kapal sebagai paus atau hiu.

Morfologi

Orca dapat debedakan dengan mudah karena morfologinya yang mirip keluarganya, ya lumba-lumba. Orca merupakan spesies lumba-lumba terbesar didunia, dengan ciri cir pembeda berupa punggungnya yang berwarna hitam dan bagian ventral (perut) yang berwarna putih. Selain itu juga ada corak putih diatas matanya dan bagian belakang tungkai depannya. Sangat unyu unyu dan mudah dibedakan. Tapi kelakuannya tak seunyu-unyu bentuknya loh, karna Orca merupakan predator tingkat atas yang bahkan kalau lagi iseng dia juga menyerang sodaranya sendiri Lumba-lumba. Jahat ya? T_T. Anaknya lahir dengan warna yang agak kekuningan dan akan memudar menjadi putih seiring dengan pertambahan usianya. Karakteristik lainyya yaitu sirip punggung yang besar dan bahkan bisa mencapai 2 meter tingginya, ngeri kan?

Orca atau yang lebih dikenal dengan nama “Killer Whale” adalah mamalia laut sejenis dengan lumba-lumba dan ikan paus, tapi apa yang membuat Orca begitu berbeda dibandingkan dengan mamalia laut lainnya ?
Orca dikategorikan dalam kelas “paus bergigi” artinya Orca yang memiliki gigi ini tentu saja makannya terdiri dari ikan-ikan kecil dan sebagainya, lain dengan “paus baleen” yang memiliki baleen atau semacam jaring yang berguna untuk menangkap mangsa yang kecil seperti plankton.
Apa yang unik tentang Orca ?
Oke deh, to the point aja, Orca ini mamalia laut yang paling keren dan hebat ! bukan saja karena Orca adalah mamalia tercepat dilaut, tapi juga karena Orca adalah mamalia terpintar (Genus Homo not included) dan memiliki kultur sosiologi yang kompleks seperti manusia – artinya kehidupan Orca dan komunitasnya itu penuh drama haru-biru seperti manusia juga ! heheee ( ya kaleee :mrgreen: ). Bahkan sekelompok orca pernah tertangkap kamera ketika sedang membuat gelombang untuk menjatuhkan anjing laut yang terperangkap di atas es yang mengapung. Pinter kan? Orca gitu loh.. hahahahaha... :D. Oh iya, mengenai persebarannya, Orca ini hampir bisa ditemukan diseluruh laut didunia kecuali di laut mati dan daerah paling kutub. Keren kan? Orca gituloh
Orca tidak sembarangan dalam memilih korbannya, tentu saja untuk makan sehari-hari Orca suka makan ikan sarden, salmon atau anjing laut, tapi kalau Orca sedang bosan atau ingin refreshing gitu (kalau kita kan bisa ngemal atau ke bioskop, lha dilaut mana bisa gitu ?? ) Orca mencari korban yang lebih “menantang” yaitu saudaranya sendiri yaitu lumba-lumba (aduh, kacian :( ) paus bungkuk dan paus sperma yang merupakan mamalia terbesar di laut, bahkan hiu pun juga.
Bagaimana Orca memangsa buruan yang lebih kuat dan lebih besar dari mereka ?
Orca adalah mamalia yang pintar, mereka panggil teman-teman segank dulu, buat rencana taktik untuk menjebak mangsanya, pemburuan bisa memakan waktu berjam-jam, tapi Orca adalah mamalia yang penuh perencanaan dan pantang menyerah, dan akhirnya berkat otak dan kerjasama, Orca berhasil menaklukan mangsanya.
Anehnya setelah berhasil menaklukkan buruannya yang besar itu ( lumba-lumba atau ikan paus) Orca tidak memakan buruannya, jadi mereka cuma memangsa untuk rekreasi saja ! hmmm……
Sebetulnya saya gak tahu sama sekali tentang Orca sampai anak saya yang waktu itu masih berumur setahun entah angin dari mana terobsesi banget dengan Orca ! segala macam musti Orca, mulai dari video, buku-buku dan mainan…..lucu banget ya anak balita gitu udah kesengsem sama Orca, mungkin karena Orca itu imut-imut kayak panda kali ya ? :)
Oh ya, iseng2 buat gambar Orca dengan Inkscape dan Gimp, dengan Inkscape saya buat gambar vektor si Orca, trus buat latar belakang lautnya dengan Gimp.

Ini juga saya buat dengan Inkscape, sayangnya entah kenapa Inkscape tidak bisa menghandle Opacity dan Gradient, tapi untuk membuat gambar vektor sederhana, inkscape sudah cukup memadai kok.

Demikian hasil iseng-iseng saya dengan Gimp dan Inkscape, mudah2an posting ini bermanfaat, terima kasih ! :D
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

2 komentar: