Biro Infokom HMJ Biologi FMIPA UNP '56 2015-2016

(FAKTA) Laki Berhenti Merokok Itu Hebat (Jangan Sampai Menyesal Kemudian)



Quote:
بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang

Assalaamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Penulis adalah mantan perokok dengan lingkungan keluarga perokok. Bapak dan paman TS yang perokok berat, meninggal disebabkan serangan jantung.

Jika Anda adalah seorang perokok, maka melalui thread ini TS dapat membuktikan kalau selama ini Anda telah melakukan kesalahan dan kebodohan yang dapat menghancurkan hidup Anda serta keluarga Anda.



Quote:
Quote:
Untuk yang Bijaksana, Bertanggung Jawab, Peduli dan Cinta Keluarga

Marilah kita berpikir secara terbuka dan bijaksana. Perokok tak hanya bertanggung jawab terhadap diri mereka sendiri, namun juga punya tanggung jawab terhadap keluarga yang mereka cintai. Sudah terlalu banyak keluarga para perokok yang terpaksa harus menanggung nestapa penderitaan serta kesengsaraan, berawal dari suami ataupun anak yang bersikap egois mementingkan dirinya sendiri demi menikmati candu dari rokok. Fakta sangat ironis, karena keluarga yang harusnya disayangi dan dilindungi, malah terdzolimi.
Quote:
Disarankan untuk membaca thread ini dengan seksama setidaknya hingga FAKTA NOMOR 10

Banyak dari Para Perokok Salah Kaprah Memahami Tentang Kematian — FAKTA NOMOR 9

Jumlah Perokok Usia 20-an Tahun yang Terkena Penyakit Kronis Terus Meningkat & Masive

Bayangkan jika diusia muda terkapar terkena penyakit kronis, sisa hidup akan dijalani dengan pahit penderitaan





Quote:
Quote:
Merokok Itu Adalah Investasi Penyakit dan Masalah Di Masa Depan




Banyak perokok menghabiskan uang puluhan hingga ratusan juta selama bertahun-tahun untuk rokok, lantas kemudian yang dia didapatkan adalah: menyia-nyiakan harta, resiko besar dirinya ataupun keluarganya (dan juga orang-orang di sekitarnya) terkena penyakit kronis yang sering membuat sebuah keluarga jatuh miskin dan menderita. Dari sisi intelektual, perokok ada 2 macam: orang pintar yang berlaku 'khilaf' dan orang bodoh yang mudah dibodohi. Seorang yang kualitas intelektualnya baik dan senantiasa menggunakan akal sehatnya, maka ketika ia melakukan kesalahan, dia akan berbenah dan tidak akan berlaku seperti seekor keledai bodoh.


Quote:
Quote:
Contoh Nyata Mereka yang Terlambat Berhenti Merokok
Mereka tak pernah menyangka bahaya yang diremehkan menimpa mereka


Quote:Original Posted By akbarizo
ngenes bgt ane baru 19 thn udah kena paru-parunya gegara ngerokok. tiap hari harus minum obat, badan lemes. nyesel bgt ngerokok!
Quote:Original Posted By kodokuper
Ane dah 5 bulan berenti merokok, setelah ane kena stroke di usia 24 tahun. Sekarang ane buta sebagian (mata kiri) dan pélo/menyor. Ane dulu perokok selama 6 thn sejak kuliah. Serasa hancur masa depan ane! Emang penyesalan slalu datang belakangan.
Quote:Original Posted By mekongus
Sudah 1 tahun 1 bulan ane berhenti merokok sejak terkena serangan jantung!]
Quote:Original Posted By danedodola
Share aja ane kerja di rumah sakit di daerah jakarta selatan & kasus paru khususnya kanker paru lg banyak sekarang. bahkan usia awal 30an aja dah kanker paru, dengan riwayat baik perokok aktif maupun pasif. Buat pengetahuan aja rata2 kanker paru-paru diagnosisnya jelek & metastasisnya cepat. pasien yg bisa bertahan 5 tahun dg kanker paru aja udah termasuk "lama banget & kuat".

Ada juga yg baru sebulan tervonis lalu wafat, banyak sekali! untuk obat kemo oral kanker paru harganya sekitar 60 juta/30 tablet, itupun ga ada jaminan sembuh.

Quote:Original Posted By Rongitzz
Baru 2 minggu berhenti merokok, sejak kena tumor paru dan pneumonia. Kerjaan ilang, masa depan terancam! Umur masih 24 thn! Sumpah ini penyesalan yg paling kusesali! Berikut ini bukti CT Scan & Rontgen:
Spoiler for CT Scan & Rontgen:

Quote:Original Posted By asiawisata2013
Berkat rokok ane kena TBC kronis. Dan akhirnya untuk cium anak2 tercinta pun sampai tidak bisa. Keep smoking guys, kalau lo emang2 bener2 tolol.
Quote:Original Posted By ayanggayong
Ane habis operasi gan awal juni lalu. Ane kena gangguan reproduksi. Kata dokter spesialis urologi yg ane datangi, penyakit ini akibat kebiasaan ngerokok. Ane baru sadar dampaknya dahsyat!


Quote:Original Posted By red.lk
ane dl perokok berat gan, sehari bs ngabisin 3 bungkus rokok! tp itu dl.. sejak ane terkena serangan jantung dan divonis untuk dipasang ring, ane berhenti total dari merokok!!
Quote:Original Posted By ibenkdhnq
jadi teringat temen kerja ane yg meninggal tahun lalu gara2 ngerokok & divonis kanker paru2, kasian anaknya baru kelas 1 SD dah ga punya bapak
Quote:Original Posted By oldbaby
temen kerja ane usia 40an, anak 2 msh kecil2, divonis penyempitan pembuluh darah dijantung gara2 merokok.


penyakit kronis dan penyesalan yang sama dapat menimpa setiap perokok
Quote:
DI POST 4 MASIH SETUMPUK BUKTI PENYESALAN LAINNYA
TAK PERLU JADIKAN DIRIMU SEBAGAI BUKTI SELANJUTNYA

Quote:
Jika agan seorang perokok, masihkah agan meremehkan bahaya rokok? Haruskah
agan menjadi korban selanjutnya?
Haruskah keluarga agan ikut merasakan derita?
Pilih berhenti merokok untuk hidup atau pilih rokok yang menghentikan hidupmu?





Quote:
Quote:
PEROKOK PASIF SAMA BESAR RESIKONYA ATAS PENYAKIT KRONIS

Quote:Original Posted By piresdodo
Ane punya teman, namanya Benny, dia baru berumur 25 tahun gan. Masih muda, namun sayang, karena perokok ndeso yang gak tahu aturan, sebulan yang lalu dia sudah menghadap illahi robbi. Dia bekerja di sebuah perusahaan Korea. Dia tidak merokok tapi di mes karyawan 'terpaksa' harus tidur barengan sama perokok, kira-kira satu kamar ada 3 atau 4 orang lah dan hanya Benny yang tidak merokok.

Pada awal tahun 2014 Benny merasakan sesak dan pergil ke rumah sakit. Dan setelah diperiksa hasilnya adalah kanker paru-paru stadium akhir yang disebabkan oleh asap rokok. Bulan Oktober kemarin Benny tidak sanggup lagi untuk melawan penyakitnya dan semoga Allah khusnul khotimahkan dia
.
Quote:Original Posted By 05072013
gua mantan perokok aktif selama 18 thn. Anak gua cewek Safira hanya bisa genap usianya 1 tahun 10 hari, wafat di vonis radang paru-paru akut (pneumonia) krn ayahnya ngerokok. bukan ngerokok di sebelah anaknya, tetapi menghirup racun nikotin dr baju ayahnya.




Quote:
Quote:
PENYAKIT KRONIS MENYERANG PEROKOK TANPA PANDANG USIA



Quote:
Bisakah agan bayangkan jika penyesalan yang sama terjadi pada diri agan diusia muda? Dan sekarang ini banyak sekali dari perokok berusia muda terserang penyakit berbahaya hingga kronis seperti serangan jantung atau kanker paru-paru. Salah satu penyebabnya adalah generasi muda saat ini sudah lebih dini mengkonsumsi rokok, usia SD saja sudah banyak yang merokok. Rilis data dari Komnas Anak tahun 2012 menunjukkan setidaknya terdapat kurang lebih 239 ribu anak Indonesia yang berusia dibawah 10 tahun sudah menjadi perokok aktif. Sedangkan para pecandu rokok yang satu generasi dengan orang tua kita kebanyakan mulai merokok saat memasuki usia dewasa dan mulai terkena penyakit terkait rokok pada usia 40 tahunan ke atas. Terlebih lagi generasi muda sekarang ini lebih lemah akibat sejak dini mengkonsumsi bahan pengawet makanan, MSG, racun pestisida dari produk pangan, polusi udara dan yang semisalnya.



Ketika daya tahan tubuh agan lemah, agan bisa terkena penyakit berbahaya diusia muda. Bagi yang daya tahan tubuhnya lebih baik, mungkin sekarang belum terlalu terasa tabungan penyakitnya, dan bisa jadi hasil agan menabung penyakit dengan merokok mungkin bakalan terasa sekitar beberapa tahun lagi. Jika sekarang ini agan sudah mengalami mudah merasa ngos-ngosan untuk aktifitas seperti berlari atau kerja agak berat, mau tidur malam atau bangun tidur dada terasa sesak, terasa susah ambil nafas, nah bisa jadi itu merupakan pertanda sudah dimulainya kerusakan organ dalam tubuh agan yang tidak diketahui dari luar. Bahaya!






Quote:Original Posted By appenzeler
karyawan ane berhenti merokok gara2 paru2nya bolong.. umur baru 27-an tahun.
Quote:Original Posted By zooeyd.
saudara ane umurnya masih 29 tahun, dia perokok berat! dari kantor dia udah ngeluh sakit dadanya, sampe mau deket rumah udah ga kuat lagi motornya dilempar dan dia lari kerumah teriak teriak ke nyokapnya "maah tolong maaah tolong" dan dia dibawa kerumah sakit malem itu juga jam 10 malam. ternyata dia kena jantung koroner, dan akhirnya dia meninggal jam 5 pagi.





Quote:Original Posted By theynez
cewe ane kerja di rumah sakit kanker di jakarta, ane sering melipir kesana buat jemput, ngeliat korban2 akibat rokok sih ane kasihan bgt apalagi yang masih muda2 usia di bawah 30 thn.
Quote:Original Posted By amhtamrin
Ane mahasiswa kedokteran tingkat akhir (koas/dokter muda) yg pada skrg tugas di RSUP Fatmawati, Jakarta Selatan. Kebetulan sekarang ane lagi tugas di stase/bagian paru. Keadaan para pasien ane yang hampir semua perokok (dari 20-an pasien rawat inap ane paling 5 atau 6 yang ngga merokok, rata-rata cewek dan perokok pasif).
Quote:Original Posted By demokrasinasi
ade ane skrg umurnya 20 taun udah kena paru-parunya.
Quote:
MENYEPELEKAN, MENUNDA BERHENTI DAN AKHIRNYA MENYESAL
Quote:
Biaya diagnosa kanker paru sekitar Rp. 10-15 juta. Biaya kemoterapi minimal setara harga Avanza. Biaya operasi dan pengobatan ratusan juta, apalagi kalau parah opsi transplantasi paru-paru biaya milyaran!


Quote:
SEMUA BISA BERHENTI MEROKOK, SELAMA PUNYA NIAT 100%



Quote:Original Posted By jamrong
Berkat baca Thread ini ane berhenti ngerokok dah ampir 6 bulan. Alhamdulillah anak & istri ane selamat dari racun Rokok yg tiap hari ane isap dulu.
Quote:Original Posted By EkadayaNET
Tepat 10 agustus kemarin saya sdh 3 bln berhenti merokok. Saya rasakan nikmatnya hidup tanpa rokok yg selama ini tidak pernah saya rasakan, tidak ada kata tidak bisa atau susah untuk bisa berhenti merokok, asalkan ada kemauan yg kuat dari dalam diri kita pasti bisa!
Quote:Original Posted By dongak
Demi anak istri, hari ini ane putuskan berhenti merokok, Aamiin.
Quote:Original Posted By amb0r0
Dulu baca2 ini, skrg udah jalan 3 bln berhenti merokok. Makasih udah buat semangat ane jadi sehat.

Di atas adalah contoh nyata sebagian kaskuser yang bisa berhenti bermodal niat 100%



Quote:
Quote:
FAKTA 1 — ALASAN DARI KEBANYAKAN ORANG MEROKOK
Quote:
Seingat ane, jaman dulu umumnya remaja mulai berani merokok pada usia SMA, itupun sambil sembunyi-sembunyi. TS sendiri mulai merokok ketika SMA, sempat berhenti lalu kuliah merokok lagi. Seperti alasan kebanyakan para remaja yang masuk usia puber, merokok itu tak lain dan tak bukan sekedar sugesti secara psikologi ingin dianggap keren dan jantan/macho. Sedangkan menolak merokok diteriakin banci, bullying!




MEROKOK ADALAH SEBUAH KESALAHAN MAINSTREAM

Sebelum memulai pertama kali merokok, mayoritas perokok mengetahui akan bahaya rokok dan menyadari bahwa tubuh mereka tidak butuh namanya rokok. Data dari Tobacco Control Support Center di Indonesia rata-rata yang 1.174 jiwa meninggal setiap harinya diakibatkan oleh rokok. Jumlah yang sangatlah besar.


Quote:
Nah berawal dari ngerokok niatnya hanya sebagai tuntutan pergaulangan, terus secara psikologis pengen dianggap keren, laki, macho dan jantan, akhirnya kebablasan jadi kebiasaan dan akhirnya ya berujung pada kecanduan rokok! Karena memang rokok punya kandungan-kandungan zat adiktif yang bersifat mencandu, seperti halnya yang terdapat pada narkoba. Jika tidak segera berhenti merokok, umumnya keterusan sampai usia tua. Anak cucu pun bisa menirukan, merupakan contoh yang buruk bagi keluarga! Rokok dan narkoba sama-sama merupakan bom waktu kehancuran, yang membedakan hanya kecepatan dalam merusaknya.



Quote:
Quote:
FAKTA 2 — BAGAIMANA ROKOK MENYEBABKAN KECANDUAN
Quote:


Nikotin dari rokok yang masuk ke dalam sel-sel syaraf otak akan memicu pelepasan dari zat dopamin. Dopamin adalah sebuah neurotransmiter yang membantu mengontrol pusat kepuasan dan kesenangan di otak. Perasaan nyaman yang dihasilkan oleh dopamin inilah yang membuat efek candu dari rokok. Seperti halnya rasa nyaman yang dicari oleh pengguna narkoba dan psikotropika semacam ekstasi, shabu-shabu, kokain dan yang semisalnya. Bagi non-perokok yang tidak otaknya tidak 'dijajah' nikotin, maka mencium bau asap rokok dapat membuat mual, pusing dan semisalnya. Hal yang sama akan dialami setelah seseorang berhenti merokok dan kandungan nikotin bersih dari otaknya, kembali seperti saat sebelum merokok.




Quote:
Quote:
FAKTA 3 — PEROKOK TANGGUH DAN JANTAN HANYA DI IKLAN



Quote:
Ketika agan sudah kecanduan sama rokok, maka semakin lama stamina tubuh agan akan berkurang, karena racun-racun dalam kandungan rokok terus menggerogoti tubuh agan. Hasil observasi medis terhadap tubuh perokok dan non-perokok hasilnya sangat nyata. Para pecandu rokok selalu ngos-ngosan setiap kali berlari, push up, ataupun kerja yang agak berat! Pria berstamina loyo seperti inikah yang disebut dengan tangguh?

Quote:
Residu asap rokok akan mengendap menjadi timbunan plak di saluran darah, menyebabkan tidak lancarnya aliran darah, dapat menjadikan perokok pria impoten yang loyo, gak bisa ereksi dan ejakulasi dini! apakah bisa dianggap macho dan jantan? Para istri yang suaminya impoten tersiksa secara psikologis dan biologis, namun berpura-pura puas supaya suami tidak minder. Kasian dan sayang istri gan? Berhentilah merokok!



Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasalam bersabda:
“Orang yang imannya paling sempurna diantara kaum mukminin adalah orang
yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istri-istrinya”
.

(HR. Imam At-Thirmidzi no 1162, Ibnu Majah no 1987. Shahih)



Quote:
BERSAMBUNG DI BAWAH INI, WAJIB BACA, POIN PENTING
Quote:
Quote:
— FAKTA NOMOR 4 —
MEROKOK KEREN HANYA PSIKOLOGI MASA PUBER


Quote:


Remaja yang sedang puber sangat mudah dan rentan dengan berbagai pengaruh, termasuk pengaruh dari pergaulan hingga pengaruh iklan. Melihat orang dewasa merokok kadang memunculkan persepsi bahwa itu keren. Padahal keren atau tidaknya agan itu bukan karena merokok, tapi karena penampilan, tingkah laku dan aspek lainnya. Seorang yang naik motor Ducati Monster dengan jaket kulit akan terlihat keren ketika dia merokok. Yang bikin keliatan keren orang sama motornya, rokok cuman ibarat pemeran figuran saja! Bandingkan ketika agan melihat seorang yang tampangnya kumal naik sepeda onthel butut, lalu menghisap jenis rokok yang sama dengan yang dihisap pengendara Ducati Monster.




Quote:
Quote:
— FAKTA NOMOR 5 —
MEROKOK TERKESAN INTELEK ITU HANYA DI IKLAN


Quote:




Iklan rokok kerap menampilkan karakter-karakter model iklan yang atau cerdas dan intelek. Iklan bertipe soft sell seperti ini mempersuasif alam sadar dari audiensnnya sehingga akan munculin mindset bahwa rokok yang diiklankan tersebut adalah rokoknya orang-orang yang cerdas, jenius ataupun berintelektual tinggi. Mereka yang labil jadi sasaran iklan ini.




Quote:
Quote:
— FAKTA NOMOR 6 —
ROKOK DAPAT MEMATIKAN NURANI DAN RASIONALITAS




Quote:
Mustinya uang puluhan juta ditabung buat modal, bukan malah 'dibakar'


Quote:
Tetangga TS pria paruh baya pencandu rokok. Perbulannya mengeluarkan lebih dari Rp. 200.000 untuk rokok. Namun TS sedih ketika melihat kondisi anak bungsunya yang masih sekolah, ane melihat sepatu dan tas sekolah yang robek dan bolong-bolong. Candu dari rokok membunuh kasih sayang perhatian bapak terhadap anaknya. Uang lebih dari Rp. 200.000 per bulannya jika ditabung sudah bisa untuk membeli sepatu, tas, alat tulis, dll.

Quote:
Contoh kedua. Dulu jaman di SMP, Ketahuan merokok minimal masuk ruang BK dan orang tua dipanggil ke sekolah. Selang berlalu, 10 tahun kemudian ane nganterin adik ane ke sekolah yang sama. Dan sungguh terkejutnya ane, para generasi penerus guru Oemar Bakrie dengan santainya merokok di area sekolah. Mereka dibayar untuk jadi tauladan!

Sering juga TS melihat anak-anak SMP berseragam beli rokok eceran di toko kelontong. Saat dinasehatin mereka menjawab santai: "bapak guru di sekolah juga merokok!". Arrgghh!


Quote:
Contoh ketiga. Setiap ada wacana kenaikan BBM atau elpiji akibat naiknya harga minyak dunia, selalu terjadi demo besar-besaran yang acap kali berujung anarkis. Tidak berlaku untuk rokok! Mau berapa ribu rupiahpun kenaikan harga rokok, mereka tetap beli, meskipun harus mengurangi uang belanja keluarga. Banyak dari perokok kalau mengisi BBM pilihnya yang bersubsidi (buat golongan kurang mampu), tapi jika beli rokok di atas 10 ribu enteng.

Quote:
Contoh keempat. Seperti peribahasa "gajah di pelupuk mata tak tampak semut diseberang lautan tampak", sebagai pembelaan diri para perokok berdalih kasihan dengan pelaku industri rokok (yang notabene semakin kaya dan kaya). Celakanya, terbutakan pengaruh candu yang ada, para perokok tidak kasihan pada diri mereka sendiri dan keluarganya yang juga beresiko terkena kanker paru, stroke, dll.




Quote:
Quote:
— FAKTA NOMOR 7 —
ROKOK MEMICU EGOISME DAN DEGRADASI MORAL


Para pecandu rokok sering menjadi orang yang bersikap egois dan juga tidak punya tenggang rasa terhadap orang-orang di sekitarnya. Contoh mudahnya seperti merokok di area publik tanpa peduli adanya non-perokok di sekitarnya yang pasti terganggu, semisal di angkutan umum, di rumah makan, dll. Bahkan sering sekali TS melihat di berbagai rumah sakit pengunjung tanpa.

Quote:
Quote:
— FAKTA NOMOR 8 —
TANPA ROKOK GAK BISA MIKIR HANYALAH SUGESTI




Salah satu pembelaan terakhir dari pecandu rokok adalah berpendapat bahwa tanpa rokok mereka tidak bisa mikir dengan bener, gak bisa konsentrasi, dll. Kenyataannya sebaliknya, candu rokok malah membuat perokok jadi mikir gak bener, contohnya: siap menantang bahaya sakit keras bertahun-tahun sampai mati daripada gak merokok, padahal punya tanggung jawab anak dan istri.


Quote:
WAKTUNYA BERPIKIR LEBIH DALAM DAN LEBIH CERDAS

Quote:
Quote:
FAKTA 9 — SALAH KAPRAH MEMAHAMI KEMATIAN

Pada umumnya, teman-teman yang ane ajak untuk berhenti merokok dapat memahami detail dampak-dampak negatif sebagaimana yang sebagian ane tulis pada poin sebelumnya. Namun terkadang susahnya menyadarkan seorang yang dalam kondisi kecanduan rokok adalah mereka terus mencari-cari pembenaran diri yang terkadang memakai alasan-alasan yang irasional dan bahkan konyol jika dinalar akal sehat yang kadang jadi debat kusir. Nah 'jurus pamungkas' yang sering ane dengar sebagai alasan atau pembelaan paling akhir adalah ucapan: "Kambing aja gak ngerokok mati! Manusia ngerokok atau gak ngerokok kalau waktunya mati ya matilah!" Jika sudah masuk sesi tema perkambingan mode total defense, musti sabar menjelaskannya, terlebih lagi kepada yang lebih tua, umumnya gengsi menerima nasehat dari yang muda, apalagi anak.







Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Allah telah menulis takdir-takdir seluruh makhluk (pada kitab lauh mahfudz) 50.000 tahun sebelum menciptakan langit dan bumi.” [HR. Al-Imam Muslim dari shahabat Abdullah ibn Amr ibn Al-Ash radhiyallahu 'anhu]. Kematian itu fixed gan, tidak dapat dimajukan atau dimundurkan seharipun. Hanya Allah Ta'ala yang mengetahui kapan tibanya ajal kita. Wallahu a'lam bishawab. pertanyaannya, bagaimana menjalani hidup hingga kematian tiba? Dengan bersyukur ataukah kufur dan mendapat azab?

Quote:
Rokok tidak mempercepat kematian, namun bisa menjadikan sisa waktu hidup pecandu rokok penuh penderitaan fisik dan batin hingga ajalnya tiba


Semisal seorang yang bernama Bambang telah Allah tuliskan takdirnya di dalam kitab Lauh Mahfudz bahwasanya kematiannya adalah pada usia 60 tahun, ingat ini adalah hanya sebuah permisalan. Namun tatkala diusia remaja Bambang menghabiskan hidupnya dengan perbuatan-perbuatan yang merusak tubuhnya yang mana telah Allah karuniakan kondisi yang sehat. Bambang tak pernah lepas dari yang namanya rokok, dalam kesehariannya tak pernah lepas dari menghisap rokok. Nah akibat dari dia merusak tubuhnya dengan zat-zat mudharat dalam rokok, akhirnya Bambang mulai sering sakit-sakitan memasuki usia 40-an tahun. Masalah pun dimulai.

Pada usia 45 tahun dokter memvonis Bambang terkena kanker paru-paru stadium lanjut akibat kebiasaanya merokok, yang memaksanya berhenti bekerja. Jadi sebenarnya selama ini sudah mengidap penyakit kanker, tapi gak sadar karena gak pernah medical checkup lebih lanjut. Lalu diusia 50 tahun Bambang terkena stroke. Dua penyakit tersebut menguras habis harta bendanya. Awalnya motornya yang dijual, kemudian mobil, kemudian rumah ketika penyakitnya menjadi komplikasi. Karena kondisinya Bambang yang hanya tergeletak sakit, akhirnya istrinya lah yang jadi tulang punggung keluarga. Harta terkuras untuk berobat. Hidup keluarganya kacau berantakan.

Quote:Original Posted By GoGhanz
Oiya, cerita ente bener gan, pakde ane meninggal krn rokok. Dimulai dari asma, pnumonia dan akhirnya kanker paru2. Dirawat bertahun-tahun di RS Mitra Keluarga (skrg RS Mitra Internasional), saat beliau meninggal anak-anaknya ditinggalin banyak utang.




Bambang depresi berat, tak kuat melihat keluarganya ikut menderita karenanya. Tak kuat dengan semuanya itu, Bambang pun berpikir untuk bunuh diri saja agar tidak terus membebani keluarga. Apalah daya, Allah Ta'ala telah menakdirkan usianya meninggal pada usia 60 tahun. Beberapa kali dia mencoba bunuh diri, namun selalu gagal, karena memang belum waktunya dia meninggal. Hingga pada akhirnya di usia 60 tahun dia menghembuskan nafas terakhir. Bayangkan gan, akibat mengkufuri nikmat dari Allah, selama 20 tahun di akhir sisa hidupnya ia merasakan penderitaan fisik dan juga mental, termasuk keluarganya pun ikut menderita. Apa yang Bambang tanam diusia muda berupa mudharat, akhirnya dia tuai diusia tua berupa pahitnya penderitaan. Azab dunia.

Quote:
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
"Barangsiapa yang beramal kebaikan walau seberat biji dzaroh pun niscaya
dia akan melihat balasannya, dan barangsiapa yang mengerjakan keburukan seberat dzaroh pun, niscaya dia akan melihat balasannya pula”

(QS. Al-Zalzalah: 7-8)

Allah Subhannahu wa Ta’ala telah berfirman, yang artinya:
“Jika engkau bersyukur, maka sungguh Allah akan menambahkan nikmat-Nya, dan jika kamu kufur maka sungguh azab-Ku sangat pedih.”
(Al-Qur'an Surat Ibrahim: 7)


Teman dan tetangga Bambang yang namanya Joko, juga meninggal diusia 60 tahun. Namun dia menyadari akan nikmat karunia dari Allah Ta'ala berupa tubuh yang sehat, maka dia berusaha menjaganya dengan baik. Joko ikhtiar dalam bentuk olah raga rutin dan menjauhi mudharat rokok apalagi bahaya miras. Dan Allah Ta'ala telah berjanji akan menambahkan nikmat bagi mereka yang pandai bersyukur. Sama-sama meninggal di usia 60 tahun, namun Joko meninggal dalam kondisi normal dan mewariskan banyak kebaikan. Joko pun meninggalkan keluarganya dengan tenang!







Quote:
SEMUA PASTI MATI, TAPI HIDUP SEHAT ADALAH PILIHAN


Quote:
Quote:
FAKTA 10 — SALAH KAPRAH PEMBELAAN SUBJEKTIF

Segelintir orang melakukan pembelaan terhadap kebiasaan merokok secara subjektif , bukan secara keumuman. Semisal alibi "kakek ane perokok, umurnya udah 70 tahun tapi baik-baik aja" sebagai pembenaran untuk merokok. Prosentase perokok 'beruntung' yang tidak berakhir pada masalah penyakit kronis seperti kakek di atas sangat-sangat kecil. Terkadang memang kita temui orang yang memiliki daya ketahanan tubuh yang lebih dari rata-rata, tapi jumlahnya minoritas. Jika rokok itu diibaratkan pukulan di ulu hati atau uppercut di kepala, mayoritas orang apabila.




Topeng Nasionalisme Untuk Menutupi Hawa Nafsu

Nafsu mencandu dan nafsu kapitalisme. Sebagian pecandu rokok dan mereka yang meraup keuntungan dari rantai industri rokok mendukung kebiasaan masyarakat Indonesia untuk merokok dengan alasan klise pajak rokok adalah pendapatan yang besar untuk negara. Padahal dampak konsumsi masyarakat terhadap rokok jauh, jauh dan jauh lebih besar. Hanya orang bodoh yang berpikir negara kita ini sangat bergantung pada pajak cukai rokok. Kerugian negara akibat illegal fishing per tahun mencapai Rp 300 triliun, kalau illegal fishing diberantas pemasukan negara bertambah sekitar 5-6 kali lipat dari pendapatan dari cukai rokok. KPK menyatakan penyelamatan uang negara dari pertambangan, khususnya migas, mencapai Rp.156 triliun (Kontan, 27 Februari 2012), kalau mafia migas diberantas pemasukan bertambah 3X lipat dari pajak cukai rokok. Padahal SDA Indonesia gak cuma perikanan dan tambang!

Quote:
Sekjen Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr. Bahtiar Husain, Sp.P, MH, Kes, menyatakan cukai rokok yang diterima oleh negara tidak sebanding dengan biaya kesehatan yang harus dibayar oleh negara dan masyarakat akibat rokok. Faktanya Pendapatan negara dari cukai rokok, ternyata tak sebanding dengan nilai kerugian yang ditimbulkan karena merokok. Pada 2012, pendapatan negara dari cukai, hanya sebesar Rp 55 triliun. Namun, kerugiannya mencapai Rp 254,41 triliun. Kerugian tersebut, rinciannya adalah uang yang dikeluarkan untuk pembelian rokok Rp 138 triliun, biaya perawatan medis rawat inap dan jalan Rp 2,11 triliun, kehilangan produktivitas akibat kematian prematur dan morbiditas maupun disabilitas Rp 105,3 triliun! Sumber resmi berita: Kantor Berita Nasional Antara




Hanya Indonesia yang Tidak Tanda Tangani Konvensi Pengendalian Tembakau Untuk Melindungi Masyarakat

Hingga saat ini gansis, Indonesia adalah satu-satunya negara di Asia-Pasifik yang tidak menandatangani "Framework Convention on Tobacco Control" (FCTC) atau konvensi pengendalian tembakau yang telah ditandatangani oleh 160 negara. Konvensi tersebut mengharuskan suatu negara untuk membatasi dan mengurangi produksi rokok, menghapus iklan rokok, menyertakan gambar peringatan pada setiap bungkus rokok yang dijual, melarang penjualan rokok secara eceran, melarang anak-anak membeli rokok, menaikkan pajak rokok dan menerapkan kawasan bebas rokok. Melindungi.

Pajak yang dikenakan kepada produsen rokok di Indonesia juga tergolong rendah yaitu 34 persen, jauh berbeda dengan besaran pajak di Thailand yang telah mencapai 70 persen. Kalau pajak rokok tinggi, harga jual rokok juga tinggi, yang mampu beli bukan orang miskin.



Pada era kepemimpinan presiden Soekarno, para tokoh dunia menyatakan bahwa negara kita Indonesia adalah negara yang terkaya di dunia, yang salah satunya mengacu pada letak strategis serta sumber daya alam melimpah yang ada. Sehingga, faktor SDM yang kurang berkualitas lah yang menjadikan Indonesia menjadi sasaran empuk kapitalisme. "Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”, sebuah quote terkenal dari Bung Karno. Nah apalah jadinya kalau generasi muda kita semakin banyak yang penyakitan dan tak produktif, malah menjadi beban.



Quote:
Quote:
JANGAN MENDZOLIMI DIRI SENDIRI DAN ORANG LAIN

Rokok dengan berbagai kandungannya yang penuh mudharat, tak hanya akan 'meracuni' diri agan, namun juga dapat 'meracuni' dan mendzolimi orang-orang disekitar agan, termasuk orang-orang yang agan sayangi. Paparan asap rokok yang agan tiupkan akan mendzolimi orang di sekitar agan sebagai perokok pasif, bahkan termasuk racun-racun yang telah mengendap dan menempel di baju agan setelah habis merokok itu masih bisa meracuni orang-orang disekitar agan secara perlahan-lahan, apalagi resikonya bagi balita dan anak-anak. Mendzolimi diri sendiri saja kelak akan dimintai pertanggung jawaban, apalagi ditambah dosa mendzolimi orang lain. Renungkan!

Quote:
Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Tidak akan masuk surga, orang yang tetangganya tidak merasa aman dari gangguannya.” (HR. Bukhari 6016 dan Muslim 46).

Dari Abu Hurairah, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka janganlah dia mengganggu saudaranya.” (HR. Bukhari 5185 dan Muslim 47).


Coba agan sekalian renungkan, apabila seseorang yang kerap mengganggu tetangganya saja Allah mengancam tidak akan masuk surga bagi pelakunya, nah bagaimana dengan perbuatan dari perokok. Tak hanya mengganggu tetangganya dengan racun asap rokoknya (karena tentu bersosialisasi), namun juga mengganggu dan mendzolimi bahkan kepada keluarganya sendiri, 'meracuni' siapapun yang berada di sekitarnya. Pada November 2010 WHO melakukan studi di 192 negara yang menghasilkan estimasi bahwa lebih dari setengah juta perokok pasif meninggal setiap tahunnya. Sepertiganya adalah anak-anak. Sebuah fakta yang sangat ironis bagaimana efek.
Quote:Original Posted By 05072013
gua mantan perokok gan (perokok aktif selama 18 thn). Anak gua cewek Safira Aura Saskia Wardani hanya bisa genap usianya 1 tahun 10 hari, wafat di vonis radang paru-paru akut (pneumonia) krn ayahnya ngerokok. bukan ngerokok di sebelah anaknya (gua klo ngerokok pasti keluar rumah), tetapi menghirup racun nikotin dr baju ayahnya.

Kasus penumonia pada Safira: Selengkapnya

Quote:Original Posted By eeya
Ayah ane yang perokok terkena kanker paru2. Ane ga tega gan ngeliat dia kesakitan, nafas sesak, dada selalu sakit, nelan susah dada sakit. Sakit bgt ane liat penderitaannya gan dan itu gara2 rokok. 1 thn kemudian ibu ane nyusul beliau, tepatnya nov kemaren, karena terkena TBC, dirawat 1 bln di RS, sakit2an 6 bln. sedihnya ane gan. Sadarlah teman, rokok membunuhmu dan org2 disekitarmu.

Quote:Original Posted By adiswasana

Foto di bawah ini pas bapak ane dirawat karena kanker paru-paru. Sekarang bapak sudah meninggal dunia.. bapak ane perokok berat! Dulu ane juga perokok berat, tapi Alhamdulillah berhenti.
Spoiler for Buka:



Di bawah ini adalah gambar cairan yang disedot dari paru-paru bapak ane.



Quote:
Rokok terbukti secara nyata tak hanya meracuni dan menghancurkan hidup para perokok aktif, namun juga meracuni para perokok pasif yang menjadi korban sikap egois dan ketidak pedulian perokok aktif.
Spoiler for Buka:




Jika kita adalah orang yang bijak dan bersikap dewasa, sudah seharusnya pengalaman orang lain seperti yang ada di atas sebagai pelajaran berharga.



Quote:
Quote:
HARGAILAH PENGORBANAN DAN KASIH SAYANG ORANG TUA

Dulu ketika TS bertekad bulat berhenti merokok, ane ngerasain yang namanya disindir, dicibir dan diolok-olok sama temen-temen. Tapi tekat ane sudah bulat, apalagi Ibu ane gak suka ane merokok dan ane juga pun juga berpikir: "Kalau ane terus merokok, trus ane jatuh sakit kena paru-paru atau jantung, teman-teman ane khan gak bakal tanggung jawab. Ane yang bakal ngerasain sakitnya, ane yang bakal nanggung biayanya, anak istri dan keluarga ane yang bakal susah, bukan mereka." Pikirkan keluargamu wahai perokok, jangan egois ngikutin hawa nafsumu.

Quote:
Dikandung selama 9 bulan lebih, disusui 2 tahun, dirawat hingga dewasa, dijaga supaya senantiasa sehat. Dan cara terima kasihnya adalah dengan cara dirusak dengan rokok?




Bagi ane seorang Muslim, berjuang berhenti merokok itu adalah sebuah jihad di jalan Allah Ta'ala. Sebagai lelaki ane merasa bangga bisa berkorban untuk keluarga yang ane sayangi. Dan yang paling penting, berhenti merokok adalah sebagai bentuk rasa syukur ane terhadap karunia nikmat sehat karunia dari Allah Subahanahu wa Ta'ala.

Quote:
Menghabiskan jutaan rupiah dalam setahun untuk membeli rokok terasa ringan, namun misal untuk sekedar membelikan hadiah sederhana untuk orang tua banyak dari pecandu rokok yang tidak ingat.




Quote:
Negara Berkembang Adalah Surga Industri Rokok




Kompakco - Video Kita Adalah Korban Rokok
Indro Warkop - Berhenti Merokok Itu Jantan dan Berani!



Quote:
Quote:
BERBAGAI MOTIVASI UNTUK SEMANGAT BERHENTI MEROKOK

Agan akan menjadi panutan yang baik untuk anak, keluarga dan lingkungan
Kebanyakan para anak dan remaja yang merokok rata-rata disebabkan karena orang tuanya juga merokok. Dengan berhenti merokok akan memutus rantai kebodohan diperbudak rokok, melindungi keturunan agan dari mencontoh perilaku merokok dari orang tuanya serta jadi motivasi orang lain untuk juga berhenti merokok seperti halnya agan.

Agan dapat hidup lebih sehat, begitu pula keluarga dan lingkungan agan
Lebih banyak hal positif yang dapat agan lakukan dalam kondisi tubuh yang sehat. Tubuh dan stamina baik, aktivitas lebih maksimal. Agan juga berhenti 'meracuni' keluarga dan orang-orang sekitar sebagai perokok pasif.

Agan berhenti melakukan perilaku mudharat dan juga mendulang dosa
Ketika agan berhenti merokok, agan berhenti mendulang dosa. Karena dengan merokok agan mendzolimi diri agan sendiri dan juga orang lain yang merupakan perilaku dosa, kelak akan dihisab dipertanggung jawabkan di akhirat.

Keuangan agan akan menjadi lebih baik dan agan lebih bijak menggunakannya
Agan dapat menabung lebih banyak untuk hal yang lebih bermanfaat, agan dapat menambah uang belanja untuk meningkatkan gizi keluarga, untuk membahagiakan keluarga, untuk bershodaqoh ataupun juga untuk modal usaha.




Quote:
TAHUKAH AGAN DAN SISTA?

Gerakan anti tembakau Nazi di Jerman adalah kampanye publik anti merokok pertama dalam sejarah modern. Adolf Hitler adalah perokok berat yang kemudian meninggalkan rokok dan sangat membenci rokok! Peredaran tembakau dan rokok diawasi dengan ketat untuk melindungi rakyat Jerman dari mudharatnya. Wikipedia





Quote:
MEROKOK TAK UBAHNYA SEPERTI BUNUH DIRI PERLAHAN



Banyak kita temui tindakan bunuh diri yang pelakunya menggunakan bahan kimia seperti cairan obat nyamuk dan potas. Pelakunya memilih bahan kimia tersebut dikarenakan menyadari akan kandungannya yang mematikan. Bagi kaum Muslimin, kita tahu bahwa bunuh diri itu hukumnya haram dan pelakunya dijamin dengan azab neraka. Ketika perokok sadar akan kandungan dan bahaya besar dari merokok, bahkan dibungkus dan iklan rokok tertera peringatan keras 'rokok membunuhmu', jika terus merokok akhirnya mati dalam kondisi sakit parah akibat rokok, dikhawatirkan Allah menggolongkannya sebagai manusia yang membunuh diri sendiri! Naudzubillah min dzalik.



Quote:
JADILAH PRIBADI YANG PANDAI BERSYUKUR

Perokok lupa bahwa Allah karuniakan kepada kita nikmat sehat, saat yang lainnya terlahir tidak sempurna atau dengan mengidap penyakit berbahaya, atau saat ini jutaan orang terbaring sakit tak berdaya. Namun bukannya menjaganya dengan bersyukur, tapi malah lalai dengan merusak, mengkufuri nikmat sehat dari Allah Ta'ala.



Bagi para kaum fakir miskin dan dhuafa uang 5000 rupiah bisa untuk makan untuk sekeluarga untuk 1 hari, sedangkan perokok 10 - 30 ribu per harinya mereka bakar untuk mengkufuri nikmat sehat. Astaghfirullah.

Quote:
Beliau Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Sesungguhnya tidaklah engkau meninggalkan sesuatu karena Allah 'Azza wa Jalla, kecuali Allah akan menggantikannya bagimu dengan yang lebih baik bagimu.”
(HR. Ahmad no 23074. Shahih)




Quote:
Jika masih merokok dengan dalih relaksasi, silahkan renungkan



Bagi yang masih merokok, silahkan agan pergi ke rumah sakit, lalu masuklah ke ruang-ruang perawatan penyakit kanker paru-paru, jantung, stroke, kanker laring, TBC, efisema, pneumonia dan penyakit sejenisnya. Tanyakan kepada para dokter atau mintalah data-data pihak rumah sakit tentang penyebabnya. Niscaya akan agan temukan bahwasanya banyak sekali data dan bukti nyata betapa rokok punya andil sangat besar sebagai penyebabnya.



Apakah agan tetap bisa merasa rileks jika semisal karena agan terus menyia-nyiakan nikmat karunia tubuh yang sehat dari Allah 'Azza wa Jalla lalu agan diazab dihukum dengan penyakit yang kronis seperti kanker paru-paru, penyakit jantung atau sakit stroke? Apakah saat tubuh terkapar tergeletak tidak berdaya karena penyakit-penyakit kronis itu agan masih bisa merasa rileks? Perasaan anak dan istri agan hancur dan terpukul melihat agan terkapar tidak berdaya. Dan apakah agan masih tetap bisa merasa rileks saat satu persatu harta agan habis semua dijual untuk membiayai penyakit kronis agan, penyakit yang pada akhirnya menjadi balasan atas egoisme agan mencandu rokok. Keluarga pun jadi terlantar, anak tidak bisa melanjutkan sekolah, dll. Masih agan bisa merasa rileks melihat hidup keluarga yang kacau berantakan dikarenakan sikap egois agan mencandu barang mudharat bernama rokok.

TANPA MEROKOK, HIDUP DAN PRIBADI ANDA LEBIH MULIA



Quote:
PARA LELAKI SEJATI PASTI BISA BERHENTI MEROKOK

Karena mereka sadar akan kesalahan dan mau berbenah diri
Allah menyukai segala bentuk pertaubatan, termasuk tobat mendzolimi diri sendiri

Karena mereka adalah sosok pribadi yang bertanggung jawab
Bertanggung jawab kepada diri sendiri, keluarga dan juga tentunya kepada Allah Ta'ala

Karena mereka mempunyai pemikiran dewasa dan bijaksana
Salah satu indikatornya adalah bisa memilah mana perkara yang baik dan yang buruk

Karena mereka mempunyai niat, tekat dan mental yang kuat
Salah satu ciri lelaki sejati adalah mempunyai mental seperti baja dan pantang menyerah


SEMUA BISA BERHENTI MEROKOK, KECUALI YANG LEMAH

Tentu dari sekian banyak dari mereka yang bisa sukses total berhenti merokok, masih kita temukan mereka yang belum bisa berhenti merokok. Alasan seperti "susah banget berhenti merokok", "berat banget berhenti merokok" dan yang semisalnya hanya akan kita temui dari mereka yang memang mentalnya lemah, niatnya setengah hati, tidak berusaha sungguh-sungguh, mudah menyerah dan tidak didasari kesadaran. Tahukah anda sosok Sabar Gorky? Sosok kebanggaan Indonesia penakluk Gunung Elbrus (tertinggi di Eropa) yang mana hanya memiliki satu kaki! Dia sanggup menaklukkan puncak Elbrus karena memiliki niat yang kuat yang ditopang perjuangan keras!


Quote:
MODAL UTAMA UNTUK BERHENTI MEROKOK



Niat yang sepenuh hati dan tekat yang bulat merupakan syarat mutlak sekaligus pondasi utama untuk berhenti merokok. Apakah agan baru saja merokok beberapa bulan ataupun sudah mencandu hingga belasan tahun, tidak ada yang bisa menghentikan agan untuk berhenti merokok ketika agan punya niat yang kuat. Mereka yang gagal berhenti merokok adalah mereka yang kurang bulat niatnya. Niat musti kuat dan langsung berusaha berhenti merokok, jangan pernah ditunda-tunda. Jaga prinsip dan komitmen dengan sebaik mungkin, kuatkan mentamu!

Doa minta pertolongan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Ingat semua yang terjadi dalam hidup ini semata-mata hanyalah atas izin Allah Ta'ala. Termasuk keberhasilan agan untuk berhenti merokok juga semuanya atas izin Allah. Ketika agan mempunyai niat 100% berhenti, lalu meminta memohon lah kepada Allah agar diberi kekuatan untuk berhenti merokok, memohonlah agar diberi keistiqomahan. Berdoalah agar senantiasa dimudahkan dan dikuatkan untuk berhenti merokok serta yakinlah 100% bahwasanya doa-doamu akan dikabulkan oleh Allah 'Azza wa Jalla.

Perjuangan keras dan pengorbanan saat proses berhenti merokok. Bagi yang sudah kecanduan, masa-masa awal berhenti merokok memang tidaklah mudah. Dari perasaan yang tidak nyaman, tubuh yang kurang rileks, hingga godaan teman-teman perokok yang asyik merokok atau menawari rokok. Dan agan harus tanamkan dalam hati bahwa berhenti merokok memang butuh perjuangan keras dan pengorbanan! Musti dilawan candu hawa nafsu.

BERPIKIRLAH: AKU BUKAN PEROKOK, AKU TIDAK BUTUH ROKOK!

Quote:
Jangan menjadikan proses berhenti merokok sebagai sebuah beban dan karena keterpaksaan. Sebaliknya jadikan kesadaran berhenti merokok sebagai berkah




Quote:
JANGAN MAU HIDUPMU TERUS DIPERBUDAK ROKOK



Para romusha menjadi budak karena terpaksa, sedangkan perokok dengan sukarela menjadi budak kapitalis. Apakah agan punya mental seperti Spartacus, sosok budak Romawi yang memilih berjuang serta berani untuk bebas dari perbudakan? Beranikah berjuang sebagai seorang lelaki sejati lepas dari menjadi budak rokok?



Quote:
Hitung jumlah yang agan keluarkan untuk biaya 'meracuni' diri agan dan keluarga:
http://www.readersdigest.co.id/kalkulator.rokok




Quote:
Website Rujukan Berhenti Rokok

Indonesia Bebas Rokok
Komunikasi Pengendalian Tembakau

Media partner Indonesia Bebas Rokok





RATUSAN KASKUSER BERHENTI MEROKOK, BACA POST DI BAWAH INI


Quote:
TIPS MELAWAN KEINGINAN UNTUK MEROKOK

1. Tulis atau print komitmen agan pada kertas atau notes
Baca dan renungkan kembali saat ada godaan atau keinginan untuk merokok.

2. Ngemut atau makan permen yang banyak mengandung mint
Seperti permen Hexos, Relaxa, Fisherman's Friend, Ricola, dll.

3. Menggosok gigi dan berkumur-kumur dengan mouth wash
Bawalah sikat gigi, pasta gigi dan mouthwash seperti Listerine, Colgate, dll.

4. Habis makan biasakan minum teh anget tawar atau susu
Rasa tawar dari teh hangat atau susu dapat mengurangi rasa asam di mulut.

5. Jangan terlalu banyak menyimpan uang di dalam dompet
Ketika uang cash agan dikondisikan mepet, maka dapat mengurangi keinginan beli rokok.

6. Mintalah keluarga atau teman untuk terus memotivasi
Mintalah keluarga atau teman untuk terus mengingatkan agan, bisa juga via SMS.

7. Carilah kesibukan untuk mengisi waktu senggang
Semisal dengan berkumpul dengan non perokok, berolah raga, ngelakuin hobby positif, dll.
.
8. Carilah teman atau lingkungan baru yang tidak merokok
Lingkungan dan pergaulan sehat punya pengaruh dalam usaha agan berhenti merokok.

QuitNow! Aplikasi Keren Untuk Membantu Berhenti Merokok



Link Aplikasi di Google Play



Quote:
TS membuat thread ini dengan niat dan harapan bisa saling berbagi dengan sesama dan juga berharap semoga ada yang akhirnya memutuskan untuk total berhenti dari merokok. Aamiin.


Quote:
Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda, yang artinya:
"Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain."
(HR. Ahmad, Thabrani. Hadits shahih.)




Quote:
BACA KOMEN TESTIMONI KASKUSER DI BAWAH INI

Quote:
RANGKUMAN TESTIMONIAL MANTAN PEROKOK


TIDAK SEMUA LAKI MEROKOK, TAPI HAMPIR SEMUA BANCI MEROKOK
Quote:Original Posted By mauketawa
Quote:Original Posted By hatabomba
lebay lo hak orang lah ngerokok. lo tu banci kagak ngerokok

banci di taman lawang malah banyak yg ngerokok tuh om
Quote:Original Posted By doelirsyad
kalo ada yg bilang gak ngerokok kayak banci, kayaknya dia belon pernah maen ke salon, isinya bencong ngeroko semua.. hahahaha
Quote:Original Posted By wiped
ga ngerokok dibilang banci.. padahal banci ga ada yg ga ngerokok.. semua perokok..


Quote:
Sadar rokok bahaya tapi gak berani nolak rayuan temen, takut sama temen, takut dikucilkan.. NAMANYA BANCI!
Pulang aja ke rumah orang tuamu, menangislah minta dibeliin rok imut polkadot warna pink sama pemerah pipi.




MEREKA BERHENTI MEROKOK SETELAH TERKENA PENYAKIT KRONIS
Quote:Original Posted By mekongus
Sudah 1 tahun 1 bulan berhenti merokok semenjak kena serangan jantung!

Komen TS: bukti nyata gan, di usia muda pun perokok bisa terkena serangan jantung!
Quote:Original Posted By left4perfect
ane perokok gan dari kelas 6sd sampe ane kuliah dan sekarang ane berhenti gara-gara ane kena radang paru gan asli nyiksa banget. buat perokok aktif maupun pasif berhenti lah ngeroko sebelum terlambat!
Quote:Original Posted By cocodlo
ane dulu perokok berat gan, sampe akhirnya ane kena TBC, paru2 ane hampir rusak yg sebelah kiri
dulu ane ngerokok gara2 temen ane yg maksa, sampe akhirnya ane jd pencandu berat
selama ane sakit sumpah ane menderita bgt, bnyk komplikasi yg ane alami
tapi setelah 2 tahun berobat ke dokter, alhamdulillah sekarang udah sehat, pokok nya ane kapok dah, ane udah abis puluhan juta cuma buat berobat doank
Quote:Original Posted By Rehaen
Alhamdulillah ane bukan perokok. Ane mo cerita tentang paman ane yg lagi kena stroke ringan, kasian gan matanya jadi sakit gitu, plus klo jalan harus pelan-pelan. Anaknya paling gede masih smp, kasian gan masih ada adeknya yg sd . Ane gk mau ini terjadi sama agan-agan semua, please stop this habit
Quote:Original Posted By vctr21
ane share tentang bapak ane. bapak ane perokok berat ( dulu ) dari sebelum ane lahir bapak ane dah ngerokok sampai sekitar tahun 2009 bapak ane kena serangan jantung. bapak ane dibawa kerumah sakit bulak balik bandung jakarta . dibandung berobat dijakarta di operasi (pasang vent buat dijantung) biar penyempitan pembuluh darah dari jantung bisa agak longgar dan darah mengalir.
kalo bicara soal biaya ente taulah sakit jantung ga bakal kena dikit cuci darah aja sudah kena berapa coba? apalagi operasi belum + biaya obatnya, kalau dihitung nih bisa beli mobil baru gan.
Quote:Original Posted By vadvad
Ane pengen bagi pengalaman om ane gan. Secara ane bukan perokok
Om ane dari umur 18 tahun udah ngerokok sampe umur 50an. Waktu dia pergi ke US buat tinggal bareng anaknya 2 tahun lalu, baru ketahuan punya penyakit. Awalnya sering ngeluh sakit dada. Pas diperiksa, ternyata ngidap kanker paru stadium akhir. Kondisi dia saat itu kalo ga dioperasi dipastikan idupnya ga lama lagi. Tapi kalo dioperasi pun 50-50, bisa sukses dan idup atau bisa gagal trus....you know. Akhirnya om ane milih dioperasi aja gan, bahkan sebelum operasi pun dokternya udah nyuruh om ane buat nyari kuburan dulu.

Alhamdulilah operasinya lancar gan. Tapi paru-paru sebelah kanannya diambil karena udah rusak parah, dan untuk ngambil paru-paru itu, harus motong tulang rusuknya satu. Jadinya dia sekarang idup dengan paru yang sebelah kiri doang, dan rusuk yang ga lengkap. Badan sebelah kanannya jadi lebih turun. Sengsara deh gan gara-gara rokok. Belum lagi masih harus bolak balik terapi. Pertengahan tahun kemaren pulang ke Indonesia dan baru Desember kemaren balik lagi ke US karena musti terapi ditambah ngerasa sakit lagi.

Buat yang masih ngerokok dan yang mau nyoba. Mending duitnya dipake beli yang lain. Mau macho, yaudah duitnya beliin moge mendingan, macho beneran tuh. Bisa jadi investasi juga..
Quote:Original Posted By oceanbrother011
Ane bantu gan trit ente. Ane dulu juga perokok AKTIF bahkan berat. Bokap ane dan Om ane juga sama.Tapi musibah dateng ke Om ane, dia terkena penyakit dan setelah didiagnosis dia menderita Kanker Prankeas stadium 4 gan dan harus dioperasi dan dirawat selama 2 bulanan dan setelah di operasi dia menghembuskan nafas terakhirnya gan.

Setelah cerita dengan tante ane ternyata ketauan kalo dia lebih suka menghabiskan rokok dan jarang makan gan (katanya merokok mengurangi nafsu makan). Pada akhirnya Bokap ane dan ane pun perlahan-lahan meninggalkan barang tersebut gan. Dan alhamdulillah sampai saat ini ane dan bokap ane tidak akan menyentuh apalagi menghisap ROKOK untuk selama-lamanya gan.
Quote:Original Posted By eeya
Ayah ane dl mudanya mgerokok utk pergaulan aja ktnya, bhenti umur 40an krna nafasnya dah sesak. tp terlambat tnyta. beliau meninggal umur 57thn krna kanker paru2. di rawat seminggu krna stroke awalnya, tnyata kanker paru yg udah nyebar. Agan tau, kami mengobatinya tnpa terbebani. tp beliau, merasa bersalah, krna dia keluarganya susah. rasa bersalah itu jelas sekali.akhirnya beliau tiada, yg plg ane ga tega gan. ngeliat dy kesakitan, nafas sesak, dada selalu sakit, nelan susah dada sakit. sakit bgt ane liat penderitaannya gan dan itu gr2 rokok.

1 thn kemudian ibu ane nyusul beliau gan. tepatnya nov kemaren di usia 57 jg, karena TBC. dirawat 1 bln di RS. sakit2an 6 bln. sedihnya ane gan.

Sadarlah teman, rokok mmg membunuhmu dan org2 disekitar mu..
jauhilah sblm terlambat atau kau menyebabkan sakit pd keluargamu mu.
krna perokok pasif lebih berbahaya. saat kau merasakan efeknya baru berhenti? tp sudah terlambat saat itu..
Quote:Original Posted By tenkqu
Ane perokok dari kelas 3 SMP (ikut pergaulan) umur 15 tahun sampe pertengahan kuliah umur 21 tahun. Ane sehari bisa habis 1-2 bungkus. Bokap n kakek ane semua merokok. Dan yang namanya perokok pasif juga berbahaya, emank begitulah adanya. Bokap ane meninggal gara-gara kanker hati pas ane umur 17 tahun. Tapi ane tetep ngerokok. Ane berhenti karena 'kepaksa' cos cewek ane nglarang ane rokok. Ane kesel juga sih, susah bgt berhenti ngrokok. Tapi sekarang ane merasa berterima kasih sama cewek ane dulu (sekarang udah jadi mantan ane). Ga lama setelah ane berhenti ngerokok, kakek ane kena kanker hati yang akhirnya 6 bulan kemudian meninggal. Terus nyokap ane yang bertahun-tahun jadi perokok pasif, kena kanker paru-paru yang akhirnya 3 tahun kemudian nyokap ninggalin ane selama-lamanya.

Ane sekarang takut bgt liat yg namanya rokok. Ane nyesel bertahun-tahun ngerokok cos takut akan ada efeknya buat ane kedepannya. Namun ane bersyukur cepat lepas dari tu barang, karena ane udah liat sendiri penderitaan orang yang mengidap kanker.



MEREKA MANTAN PEROKOK BERAT YANG BISA BERHENTI MEROKOK
Quote:Original Posted By pisangebut
dulu ane ngrokok sehari 2 sampai 5 bungkus, udh 6 bulan ini ane stop total.
kadang sih suka kangen pengen nyoba2, tapi ane tahan2 walaupun asem.
Quote:Original Posted By the.ecology
ane dulu perokok gan..sejak taun 1997...baru brenti total awal maret 2013...ane sekarang lbh bisa ngrasain hidup sehat tanpa asap gan....percaya aja deh, kalian para perokok pasti bisa brenti kok...asal ada niat dan kemauan...
Quote:Original Posted By dwicendoll
wahh... ini baru trit keren. .
Sedikit cerita dari ane. Ane dulu juga perokok dari kecil, umur 4th dah ngerokok dan itu sembunyi2, sampai 5 th yang lalu ane dah berhenti total. gara2nya tiap bangun tidur dada rasanya sakit. alhamdulillah sekarang sudah enggak. Malah sekarang bencinya minta ampun. Pernah sih nyoba punya temen, tapi rasanya ga enak
Quote:Original Posted By satya.fr
Langsung ane rate bintang 5 nih trit gan dulu ane juga perokok gan sehari bisa abis 2-3 bungkus sekarang 3 tahun terakhir ane udah berhenti total
Quote:Original Posted By febri083
Dulu ane pertama kali kenal rokok kelas 6SD gan, kalau ngga salah sekitar tahun 95/96, dan coba coba, ketagihan sampai paling parah ane di SMK dan sampai kerja, akhrnya temen ane ada yang kena TBC parah gan, kata dokternya salah satunya karena kecanduan rokok, ane sempet berhenti tapi hanya bertahan 1 minggu, setelahnya kambuh lagi.
Nah pada puncaknya , pas ane besuk temen yang lagi dirawat dirumah sakit, dari UGD ada anak kecil sakit , trus pas banget ane ketemu ama bapaknya tuh anak, akhir nya terjadilah perbincangan, yang pada intinya bapaknya tuh anak nyesel dia seorang perokok dan sekarang malah anaknya yang kena sakit paru paru, kata si dokter harus operasi paru paru.
Dari perbincangan itu ane jadi kepikiran terus gan,
gimana besok kalo ane punya anak tapi masih perokok, gimana kalau nanti anak saya juga kena efek nya.,
Dan akhirnya ane punya tekat untuk berhenti merokok gan, memamng susah banget, ngga semudah yang kita bayangin,.
Awal tahun 2006 ane menikah gan, ane masih perokok, selang sebulan istri ane hamil gan. begitu tau kalau istri ane hamil, ane jadi semangat banget pingin berhenti merokok, karena ane pingin anake ane kelak "Jangan sampai ngelihat kalau bapaknya perokok",
dengan modal niat itu gan, alhamdulillah mulai saaat itu juga ane bisa berhenti ngerokok Gan, sampai sekarang ane bener bener berhenti ngerokok .

Jadi buat agan agan yang pingin berhenti ngerokok, pada intinya adalah Niat dari kita, niat dari dalam hati kita, biasanya kalau hanya sekedar ucapan kita ngga bakalan bisa berhenti gan....

sayangi kesehatan kita, sayangi kesehatan keluarga kita...
Quote:Original Posted By slank612
ane dulu perokok gan..sejak taun 1997...baru brenti total awal maret 2013...ane sekarang lbh bisa ngrasain hidup sehat tanpa asap gan....percaya aja deh, kalian para perokok pasti bisa brenti kok...asal ada niat dan kemauan...
Quote:Original Posted By TheNorth
Alhamdulillah ane dah berhenti kurang lebih dah 10 taon dr 2004 - 2014, untung ane laki bukan yg ngerokok
Quote:Original Posted By 3nc1m
Sebelumnya saya perokok berat,.
Tapi sekarang sudah berhenti total. Asal niat bener2 berhenti bisa kok. Nice thread gan.
Quote:Original Posted By stormheart
Ane juga udah berhenti ngerokok, setelah kecanduan selama 21 tahun(dari sd kelas 6 udh ngerokok). berarti top abis donk yah? hehe....



LELAKI SEJATI YANG BERHENTI MEROKOK DEMI KELUARGA TERCINTA
Quote:Original Posted By guswandri
Alhamdulillah berawal dari cek up rutin kantor dokter mengatakan kalo masih sayang keluarga dan ingin melihat anak yg masih kecil tumbuh maka berhentilah... Sejak itu ane berhenti gan padahal sejak sma ane dah perokok aktif berarti udah 12 tahun lebih ... Sekarang dah hampir 1 tahun ane berhenti rokok... Memang 3 - 7 hari pertama bisa stress kaya orang gila.. Tapi ane bertekad gan dan akkirnya bisa lepas
Quote:Original Posted By stigmata10
Ane ngerokok dr th 1994 sampe 2010. sekarang udah bisa lepas dr ketergantungan rokok. rasanya badan lebih sehat dan segar, muka lebih bercahaya (aura). ane berhenti ngerokok krn pengen sehat dan supaya jangan sampe ditiru anak2 ane, bukan krn sakit.

Quote:Original Posted By falyudy
Merokok itu emang bikin kecanduan. Ane sendiri mulai ngerokok dari SMP sampe udah berumah tangga. Entah berapa taon tuh kalo diitung. Waktu rumah tangga, ane ngerokok ngumpet2 gan karena istri ane bisa nyium kalo ane abis ngerokok. Sampe suatu saat ane sadar. Kalo ane sampe sakit gara2 rokok trus meninggal, ane bakalan bikin istri ane sengsara hidupnya. Ane sayang banget sm istri ane, jadi sejak kesadaran itu dateng, ane gak ngerokok lagi. Tiap kali mau ngerokok ane selalu inget istri ane gan. Ane gak mau bikin hidupnya susah.
Quote:Original Posted By lephoe
ane jg udh brhenti ngerokok gan.
alasan ane brhenti sejak hari pertama nikah gan. alasan ane berhenti ngerokok, ane gk mau anak ane ntar dpt contoh gk baik krn bpknya ngerokok, trus ane pengen ane n sekeluarga sehat, salah satunya dgn bebas dari asap rokok.
Quote:Original Posted By flawly
alhamdulillah bener2 stop... janji ane ke istri n tuhan ane gan... karena ane gk pgn ngrepotin istri n calon anak ane d masa depan... skrg berusaha hdp sehat jasmani n rohani gan.... mudah2an jadi rahmat untuk kluarga ane... yuk agan2 yg belumbrenti, jadikan berhenti merokok kado terindah untuk keluarga gan... insya allah ndak susah kok

Quote:Original Posted By sundee27
Alhamdulilah ane dah brenti ngeroko gan...dr bln puasa pertama kmaren. dada yg sblumnya suka sakit, nyesek skarng enakan, bisa nafas panjang...kaya makan permen pelega tenggorokan...lagian ane ga mau jd racun di istri n ketiga anak ane...kasian...goblok... knp ga dr dlu aja ye --- ini baru trit hebat
Quote:Original Posted By InvernoGear
ane mantan perokok.. berhenti tahun 2007
ane merokok dari tahun 1993 kala itu kelas 1 SMP.
ane pernah bahkansering di nasehatin buat berhenti baik dari nyokap, bokin2 gw yg skrg dah pada mantan..
gw berhenti simple.. pas gw married.. istri gw seorang yg sangat taat ibadah (Insya Allah solehah). paa sblm married dia gak komen macem2 akan kebiasaan merokok gw. paa gw married.. dia bilang begini..
"sehari habis brp bungkus?"
gw jawab.. 1 bungkus.
"klo sebulan 30 bungkus ya?" katanya lagi
gw jawab.. ya bisa lebih..
"habis berapa duit mas untuk rokok dalam sebulan?"
gw jawab.. 300rb sih lebih..
"mas.. bila uang yang buat rokok di alihkan untuk sedekah.. pasti rumahnya bagus di surga"
gw lgsg tersentuh gan.. ga pernah gw dapat nasihat untuk berhenti rokok spt itu..
tdk lama setelah itu.. kira2 1 minggu gw putuskan untuk berhenti merokok.. sampai saat ini..
Quote:Original Posted By kakabradic
Ane udah 8 bulan berenti rokok gan.. alasannya karna bini ane lg hamil.. itu aja.. alhamdulillah ane ga ngerasain efek sampingnya.. berenti tinggal berenti aj... padahal udah ngerokok skitar 8 tahunan..



MEREKA YANG CERDAS DAN BIJAKSANA UNTUK TIDAK MEROKOK
Quote:Original Posted By HandaruDibya
ane ga ngrokok gan. udah takut semenjak bokap meninggal gara2 kanker dan beliau perokok.
pokoknya ane ga akan mengulangi kesalahan bokap ane dah gan, kasian nyokap
Quote:Original Posted By Keropoek
Alhamdullilah banget selama ini gw sanggup untuk bilang gak sama temen gw yg nawarin rokok. Akibatnya gw sehat wal afiat bin makmur dan sentosa
Quote:Original Posted By tesarrr
ane bukan perokok gan, stay cool dengan hidup sehat
Quote:Original Posted By abithuby
kalo ane seh gan pnah ngeroko tp kalo lg ngeroko di pikir" lg gue ngeroko kenyang kaga sehat kaga uang abis ngapain y gue ngeroko dari situ gue berenti gan



MAYORITAS PARA WANITA TIDAK SUKA LELAKI PEROKOK
Quote:Original Posted By merch1lie
Untuk yang pertama kalinya gue comment di thread orang, biasanya pembaca pasif. Gue cewe pembenci perokok dan gue bela-belain Login cuma buat comment.

Semoga banyak Cowo yang mulai mikir dan merubah pola hidupnya.
Cowo ga ngeroko = banci / ga macho?
Gue rasa kebanyakan dari Cewe bakal bilang: "Cowo rapi, bersih, bebas asap rokok, mapan diusia muda karena mampu dengan bijak memanfaatkan penghasilannya is awesome!"
Quote:Original Posted By socialitehouse
Plg ga suka sm cowo yg merokok
Quote:Original Posted By dewi.khayangan
cewek malah ilfil abis sama cowok yg ngerokok gan. setidaknya ane ama temen2 berpendapat begitu. orang paling egois adalah perokok. smart boys don't smoke. no offense
Quote:Original Posted By pemburubot
bener banget gan,
sebagai seorang cewek, ane akui kalo cowok merokok itu gak nambah macho/keren, malah bikin ilfil adanya.
Quote:Original Posted By dewindoet
Gw bela2in login, buat komen di trit ini.
Gw setuju banget, butuh keberanian besar untuk berhenti merokok.
Dan kualitas seorang laki-laki didefinisikan dari keberaniannya. Banyak cow mulai merokok ketika remaja, krn ikut2an dan dikomporin ama temen2nya ... dibilang cemen kalo ngga ikutan. Pake akal sehat lah, kalo bener2 laki mah, antilah ngerjain sesuatu karena ikut2an, ngga ada bedanya ama anak alay ikut gaya maho korea. Laki2 sejati pasti punya pendirian...

Sekian pendapat dari seorang sista
Quote:Original Posted By FuwaCha
cowo ana dulu ngeroko gan, tapi ngga sering, paling seminggu sekali dua kali. sejak jadian sama ana doi udah kaga pernah ngeroko lagi. Dulu doi mah kurus ceking, jelek, item, dekil. sekarang mah makin ganteng, makin cerah wajahnya, tambah gemuk dan terutama wangi. Buat agan" yang berhasil berhenti merokok, ente the real men!



MANTAN PEROKOK YANG BERHENTI KARENA TAKUT IMPOTENSI
Quote:Original Posted By rioom
ane stop rokok gan, untung aja ane ngga kecanduan, biasa nya cuma utk temen kopi pas nulis laporan. kasian bini ane ntar gan kalo si 'ade' kenapa kenapa

kasihanilah diri agan sendiri, juga bini agan (minimal bau mulutmu). bukan hal yg mengherankan kl banyak perokok pada impoten! lha emang saluran pembuluh darahnya tersumbat endapan rokok.. penyebab impoten!


MANTAN PEROKOK LAINNYA YANG SUKSES BERHENTI MEROKOK
Quote:Original Posted By putrandhika
Alhamdulillah ane sekarang udah berhenti ngerokok, padahal dulu bener bener kecanduan gara gara ditawarin sama temen. Sekarang udah bisa berhenti secara total tanpa ngerokok lagi, padahal nggak susah loh berhenti ngerokok, asal ada kemauan dan niat aja, nice thread gan
Quote:Original Posted By HeiAphan
alhamdulillah ane udah berenti total dari rokok gan. kalo niatnya kuat tulus ikhlas buat berenti, Inysa Allah bisa berenti gan..
Quote:Original Posted By masoema
berhenti ngerokok karena napas jadi pendek, tiap bangun tidur dada sesek badan ga segar rasanya. akhirnya hari itu juga saya putuskan stop gak ngerokok lagi..kapok


RANGKUMAN KOMENTAR BERSAMBUNG KE POST 7 DI BAWAH
Quote:
RENUNGKAN DENGAN KEJUJURAN HATIMU
FIRMAN ALLAH SERTA SABDA RASULULLAH
Mari Gunakan kejujuran hati, buanglah jauh-jauh sikap taqlid (fanatik buta),
merujuk kepada kebenaran Al-Qur'an dan Sunnah, bukan pada hawa nafsu



Quote:
Al-Quran Surah Ar-Rahman (55) ayat 13 :
"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Quote:
Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda :
“Ada dua kenikmatan yang dilalaikan oleh kebanyakan manusia, yaitu nikmat
sehat dan waktu luang.”

(HR. al-Bukhari no. 6412, dari Ibnu ‘Abbas radiallahu ‘anhuma)

Banyak manusia yang kufur, yang fasik, yang munafik terhadap perkara-perkara kebaikan yang Allah perintahkan, seperti beribadah, menuntut ilmu agama, dan selainnya dalam kondisi tubuh yang sehat. Apalagi ketika Allah berikan nikmat sehat, malah kita rusak dengan rokok yang penuh mudharat.

Quote:
Allah Subhannahu wa Ta’ala berfirman (yang artinya) :
“Jika engkau bersyukur, maka sungguh Allah akan menambahkan nikmat-Nya,
dan jika kamu kufur maka sungguh azab-Ku sangat pedih.”

(QS. Ibrahim: 7)

Quote:
Allah Subhannahu wa Ta’ala berfirman (yang artinya) :
"Dan Alloh menghalalkan bagi mereka semua perkara yang baik
dan mengharomkan semua yang buruk."

(QS. Al-A'rof:157).

Rokok termasuk hal yang buruk yang memudharatkan lagi busuk baunya.

Quote:
Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda :
"tidak boleh mendatangkan bahaya secara tak sengaja maupun disengaja."
(HR. Ibnu Majah [2331] dari Ubadah bin Shamit radhiyallahu 'anhu).



Bukankah sudah sangat jelas dan nyata bahaya dari rokok untuk kesehatan!

Quote:
Allah Subhannahu wa Ta’ala pun berfirman (yang artinya):
"Dan Janganlah kalian menjatuhkan diri sendiri dalam kebinasaan."
(Al Baqoroh:195).



Rokok menimbulkan penyakit-penyakit yang membinasakan seperti kanker, TBC, dan lain-lain.

Quote:
Allah Subhannahu wa Ta’ala juga berfirman (yang artinya):
"Dan janganlah kalian membunuh diri-diri kalian."
(An Nisaa:29)



Rokok membunuh jiwa dan raga secara perlahan-lahan.

Quote:
Allah Subhannahu wa Ta’ala berfirman (yang artinya):
"Dan janganlah engkau menghambur-hamburkan harta dengan boros,
sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara setan."

(Al-Isro:26-27)



Rokok adalah pemborosan dan penghambur-hamburan terhadap harta.

Quote:
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda : (yang artinya):
"Dan Alloh membenci bila kalian membuang-buang harta."
Mutaffaqun alaih

Rokok merupakan pembuang-buangan terhadap harta maka Allah membencinya.

Quote:
Allah Subhannahu wa Ta’ala berfirman tentang bahaya khamr (yang artinya):
"Dan dosanya lebih besar daripada manfaatnya."
(Al Baqoroh:219)

Bahaya rokok pun lebih besar dari manfaatnya, bahkan keseluruhannya merupakan kemudharatan.

Quote:
Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda (yang artinya):
"Barangsiapa yang meniup racun hingga mati maka racun tesebut akan berada
di tangannya lalu dihirupkan selama-lamanya di neraka Jahannam."

(HR. Muslim)

Rokok mengandung racun nikotin yang membunuh penghisapnya perlahan-lahan dan menyiksanya.



Quote:
Itulah sebagaian dari sekian firman Allah dan sabda Rasulullah yang dijadikan hujjah atau dalil yang nyata oleh Majelis Ulama Indonesia dan terlebih lagi para ulama ahlussunnah di Arab Saudi dan negara timur tengah lainnya (negara dimana Islam diturunkan, dimana ulama ahlus sunnah berkumpul dengan keutamaan ilmu mereka, dimana pusat ilmu agama Islam dipelajari dan diamalkan) dalam mengeluarkan fatwa haramnya rokok. Yang membedakan rokok dengan narkoba itu hanya cepat tidaknya zat-zat mudharat itu dalam merusak tubuh manusia. Jika narkoba cenderung cepat dalam merusak tubuh hingga syaraf, sedangkan rokok perlahan-lahan namun dampak negatifnya pasti terasa, dan celakanya dampak negatif rokok juga bisa mendzolimi orang lain. Dengarkan dan renungkan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala dan sabda Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam, tinggalkan yang menselisihi.

Apakah mereka yang mengkufuri nikmat karunia Allah akan dibiarkan begitu saja di yaumul akhirat?
Tentu saja tidak! Dosa mengkufuri nikmat dan melanggar larangan Allah akan dipertanggung jawabkan!


Wallahu Ta'ala A'lam Bishawab. Semoga Allah 'Azza wa Jalla menjaga kita dari dosa kemaksiatan. Aamiin.



Quote:
TUHAN 9 CM — KARYA TAUFIK ISMAIL

Indonesia adalah sorga luar biasa ramah bagi perokok,
tapi tempat siksa tak tertahankan bagi orang yang tak merokok,

Di sawah petani merokok, di pabrik pekerja merokok,
di kantor pegawai merokok, di kabinet menteri merokok,
di reses parlemen anggota DPR merokok,
di Mahkamah Agung yang bergaun toga merokok,
hansip-bintara- perwira nongkrong merokok,

di perkebunan pemetik buah kopi merokok,
di perahu nelayan penjaring ikan merokok,
di pabrik petasan pemilik modalnya merokok,
di pekuburan sebelum masuk kubur orang merokok,

Indonesia adalah semacam firdaus-jannatu- na’im sangat ramah bagi perokok,
tapi tempat siksa kubur hidup-hidup bagi orang yang tak merokok,

Di balik pagar SMU murid-murid mencuri-curi merokok,
di ruang kepala sekolah…ada guru merokok,
di kampus mahasiswa merokok, di ruang kuliah dosen merokok,
di rapat POMG orang tua murid merokok,
di perpustakaan kecamatan ada siswa bertanya
apakah ada buku tuntunan cara merokok,

Di angkot Kijang penumpang merokok,
di bis kota sumpek yang berdiri yang duduk orang bertanding merokok,
di loket penjualan karcis orang merokok,
di kereta api penuh sesak orang festival merokok,
di kapal penyeberangan antar pulau penumpang merokok,
di andong Yogya kusirnya merokok, sampai kabarnya
kuda andong minta diajari pula merokok,

Negeri kita ini sungguh nirwana kayangan para dewa-dewa bagi perokok,
tapi tempat cobaan sangat berat bagi orang yang tak merokok,
Rokok telah menjadi dewa, berhala, tuhan baru, diam-diam menguasai kita,
Di pasar orang merokok, di warung Tegal pengunjung merokok,
di restoran, di toko buku orang merokok, di kafe di diskotik para pengunjung merokok,

Bercakap-cakap kita jarak setengah meter tak tertahankan asap rokok,
bayangkan isteri-isteri yang bertahun-tahun menderita di kamar tidur
ketika melayani para suami yang bau mulut dan hidungnya mirip asbak rokok,

Duduk kita di tepi tempat tidur ketika dua orang bergumul saling
menularkan HIV-AIDS sesamanya, tapi kita tidak ketularan penyakitnya.
Duduk kita disebelah orang yang dengan cueknya mengepulkan asap rokok
di kantor atau di stopan bus, kita ketularan penyakitnya.
Nikotin lebih jahat penularannya ketimbang HIV-AIDS,

Indonesia adalah sorga kultur pengembangbiakan nikotin paling subur di dunia,
dan kita yang tak langsung menghirup sekali pun asap tembakau itu, bisa ketularan kena,

Di puskesmas pedesaan orang kampung merokok, di apotik yang antri obat merokok,
di panti pijat tamu-tamu disilahkan merokok, di ruang tunggu dokter pasien merokok,
dan ada juga dokter-dokter merokok,

Istirahat main tenis orang merokok, di pinggir lapangan voli orang merokok,
menyandang raket badminton orang merokok, pemain bola PSSI sembunyi-sembunyi merokok,
panitia pertandingan balap mobil, pertandingan bulutangkis, turnamen sepakbola
mengemis-ngemis mencium kaki sponsor perusahaan rokok,

Di kamar kecil 12 meter kubik, sambil ‘ek-‘ek orang goblok merokok,
di dalam lift gedung 15 tingkat dengan tak acuh orang goblok merokok,
di ruang sidang ber-AC penuh, dengan cueknya, pakai dasi, orang-orang goblok merokok,

Indonesia adalah semacam firdaus-jannatu- na’im sangat ramah bagi orang perokok,
tapi tempat siksa kubur hidup-hidup bagi orang yang tak merokok,
Rokok telah menjadi dewa, berhala, tuhan baru, diam-diam menguasai kita,

Di sebuah ruang sidang ber-AC penuh, duduk sejumlah ulama terhormat
merujuk kitab kuning dan mempersiapkan sejumlah fatwa.
Mereka ulama ahli hisap. Haasaba, yuhaasibu, hisaaban.
Bukan ahli hisab ilmu falak, tapi ahli hisap rokok.
Di antara jari telunjuk dan jari tengah mereka terselip berhala-berhala kecil,
sembilan senti panjangnya, putih warnanya, kemana-mana dibawa dengan setia,
satu kantong dengan kalung tasbih 99 butirnya,

Mengintip kita dari balik jendela ruang sidang,
tampak kebanyakan mereka memegang rokok dengan tangan kanan,
cuma sedikit yang memegang dengan tangan kiri.
Inikah gerangan pertanda yang terbanyak kelompok ashabul yamiin
dan yang sedikit golongan ashabus syimaal?

Asap rokok mereka mengepul-ngepul di ruangan AC penuh itu.
Mamnu’ut tadkhiin, ya ustadz. Laa tasyrabud dukhaan, ya ustadz.
Kyai, ini ruangan ber-AC penuh. Haadzihi al ghurfati malii’atun bi mukayyafi al hawwa’i.

Kalau tak tahan, di luar itu sajalah merokok.
Laa taqtuluu anfusakum. Min fadhlik, ya ustadz.
25 penyakit ada dalam khamr. Khamr diharamkan.
15 penyakit ada dalam daging khinzir (babi). Daging khinzir diharamkan.
4000 zat kimia beracun ada pada sebatang rokok. Patutnya rokok diapakan?

Tak perlu dijawab sekarang, ya ustadz. Wa yuharrimu ‘alayhimul khabaaith.
Mohon ini direnungkan tenang-tenang, karena pada zaman Rasulullah dahulu,
sudah ada alkohol, sudah ada babi, tapi belum ada rokok.

Jadi ini PR untuk para ulama. Tapi jangan karena ustadz ketagihan rokok,
lantas hukumnya jadi dimakruh-makruhkan, jangan.


Para ulama ahli hisap itu terkejut mendengar perbandingan ini.
Banyak yang diam-diam membunuh tuhan-tuhan kecil yang kepalanya berapi itu,
yaitu ujung rokok mereka. Kini mereka berfikir. Biarkan mereka berfikir.
Asap rokok di ruangan ber-AC itu makin pengap, dan ada yang mulai terbatuk-batuk.


Pada saat sajak ini dibacakan malam hari ini,
sejak tadi pagi sudah 120 orang di Indonesia mati karena penyakit rokok.
Korban penyakit rokok lebih dahsyat ketimbang korban kecelakaan lalu lintas,

lebih gawat ketimbang bencana banjir, gempa bumi dan longsor,
cuma setingkat di bawah korban narkoba,

Pada saat sajak ini dibacakan, berhala-berhala kecil itu sangat
berkuasa di negara kita, jutaan jumlahnya,
bersembunyi di dalam kantong baju dan celana,
dibungkus dalam kertas berwarni dan berwarna,
diiklankan dengan indah dan cerdasnya,

Tidak perlu wudhu atau tayammum menyucikan diri,
tidak perlu ruku’ dan sujud untuk taqarrub pada tuhan-tuhan ini,
karena orang akan khusyuk dan fana dalam nikmat lewat upacara
menyalakan api dan sesajen asap tuhan-tuhan ini,

Rabbana, beri kami kekuatan menghadapi berhala-berhala ini. Amin Yaa Rabbalalamin


Share on Google Plus

About Miko Satria Pratama

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar